Wednesday, January 25, 2017

Cara Berpidato Dengan Baik

Bagaimana cara berpidato yang baik? Standar pidato yang baik adalah posisi berdiri,pelafalan, gestur yang tepat,suara yang lantang dsb. Selain itu, ada pula hal lain yaitu seperti memilih kata yang digunakan pada pidato, menemukan gaya khas pidatomu sendiri, efek gestur saat berpidato, prinsip 5W+IH, cara penulisan pidato, dan cara mengatasi kesalahan.

  • Mencoba menemukan gaya khas pidatomu sangat bagus dan dapat menjadi daya tarik sendiri bagi para pendengar
  • Efek gestur yang sesuai dengan isi pidato dapat menarik perhatian. Tidak mungkin saat penyampaian isi pidato yang tegas, tetapi gesturmu lemah gemulai.
  • Prinsip 5W+1H sangat penting karena jika prinsip ini tidak dimasukan secara bersamaan akan sulit untuk kita menyampaikannya secara tepat 
  • Penulisan teks pidato. Cara penulisan teks pidato dengan membuat bagian pembuka ,isi, dan penutup. di bagian pembuka berisi salam sembelum memulai dan memberitahu materi apa yang akan dibahas. Isi pmereupakan penyampaian secara jelas. Penutup adalah kata penutup dan meminta maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian.
  • Cara mengatasi kesalahan dapat dengan cara mengulur waktu seperti menggunakan kata sambung., jangan sampai tenggelam dalam pikiran negatif(seperti, berfikir akan mendapatkan nilai yang jelek jika melakukan kesalahan), dan jika mengalami kesalahan besar,jalannya pidato dapat dihentikan.
Itulah cara berpidato yang baik. Selamat mencoba dan berlatih.



No comments:

Post a Comment