Sunday, February 19, 2017

Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Remaja

Definisi Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.



Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Macam-macam Jejaring Sosial


















Pendapat Saya Tentang Jejaring SosialTehadap Remaja

Menurut saya jejaring sosial terhadap remaja dapat membuat remaja lebih cepar berinteraksi dengan orang lain dalam dengan cepat. Selain itu, berpengaruh dalam hal mengerjakan tugas untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya sehingga tugas mudah cepat selesai. Pengaruh lainnya, remaja jadi lebih mudah menjalin komunikasi, bisa mendapatkan teman yang lebih banyak dari luar kota ataupun luar negara. Tetapi, kemudahan itu perlu diwaspadai karna bisa saja terjadi hal yang buruk bagi kita. Berwaspada dalam penggunaan jejaring sosial sangat diperlukan agar kita tidak salah bergaul. Jika kita salah bergaul, maka kita tidak dapat memanfaatkan jejaring sosial tetapi kita malah mendapatkan hal yang buruk dari jejaring sosial.

Dampak Positif dan Negatif  

Dampak positif : memudahkan untuk menjalin komunikasi, berinteraksi dengan orang lain, mencari informasi, mengerjakan tugas, mempersingkat jarak dan waktu, dapat mengikuti perkembangan zaman, untuk berbisnis dan masih banyal lagi. Banyak seklai dampak positif dari jejaring sosial tetapi dalam segi lain, kita dapat melihat dampak negatif dari jejaring sosial. 
Apa saja dampak negatif dari jejaring sosial? diantaranya dapat membuat anak remaja menjadi malas, prestasi menurun, kecanduan, mementingkan diri sendiri, tidak peduli dengan lingkungan sekitar, dan dapat merusak kesehatan salah satunya mata.

Upaya Mengatasi Bahaya Jejaring Sosial

Upaya yang dapat dilakukan adalah membatasi pemakaian jejaring sosial, ikut banyak kegiatan disekolah agar tidak terfokus pada jejaring sosial, membagi waktu untuk belajar, lebih dekat dengan keluarga, menggunakan jejaring sosial seperlunya, dan dapat menggunakannya dengan bijak. Semua upaya itu bisa dilakukan apabila kita memiliki niat dalam diri kita untuk menghindari berbagai macam bahaya jejaring sosial.

Kesimpulan

Kesimpulannya, jejaring sosial memiliki banyak manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar. Dan manfaatnya dapat kita rasakan langsung. Tetapi, selain itu jejaring sossial dalam segi lain memiliki dampak negatif . Tetapi harus disesuaikan dengan penggunaan yang baik.

Saran

Saran menurut saya, batasilah penggunaan jejaring sosial agar kita tidak terkena dampak negatifnya. Bagilah waktu untuk aktivitas yang lain jangan hanya terfokus pada jejaring sosial. Melainkan dengan aktivitas yang lainnya yg bermanfaat.


No comments:

Post a Comment